Jadi Arsitek Kagetan Di PLS SD Homeschooling Persada

Tgl Aktivitas: 17 Juli 2017 Tempat: Jatibening Baru, Bekasi Peserta: Siswa SD Homeschooling Persada

Pengenalan lingkungan sekolah (PLS) di Homeschooling Persada memang selalu penuh kejutan setiap tahunnya. Kontennya terbilang tetap berkaitan dengan urusan perkenalan yang meliputi saling memperkenalkan diri antar teman, belajar berinteraksi dengan teman baik teman baru maupun teman lama, dan  mengenali berbagai fasilitas yang tersedia di Kampus Rumah Belajar Persada (RBP) yang merupakan tempat mereka menjalani kegiatan belajar mengajar dalam kelas komunitas,  namun  kesemuanya itu dikemas dalam permainan edukatif yang sangat menyenangkan. Hal serupa terlihat pula pada PLS jenjang SD di Homeschooling Persada yang diselenggarakan Senin (17/7) lalu di Kampus Rumah Belajar Persada (RBP), Jatibening Baru –Bekasi.

Diawali dengan menuliskan nama diri menggunakan sapuan spidol atau pensil warna di atas selembar kertas putih yang kemudian dikalungkan ke leher dengan bantuan seutas tali raffia lalu mereka diminta tampil ke depan untuk menyebutkan nama masing-masing. Selanjutnya dilakukan pembentukan kelompok dengan bantuan para guru untuk berlomba dalam Permainan Menyusun Balok.

Bukan sekedar menyusun balok biasa, namun mereka harus bergantian menapaki titian yang permukaanya dibuat bergelombang, berlari zigzag melewati celah antar meja, lalu menuju meja yang di atasnya tersedia aneka balok. Setelah mengambil dua buah, mereka lanjut berlari ke meja berikutnya untuk menyusun balok sesuai keinginan, lantas lari lagi ke titian. Begitu seterusnya sampai waktu habis. Tibalah saatnya mereka menjelaskan bangunan atau susunan balok apa yang telah mereka buat bersama-sama itu. Ada yang menjawab rumah, pabrik tahu, mobil, dan lain-lain. Mereka semua terlihat sangat bersemangat saat menjelaskannya persis para arsitek yang sedang mempresentasikan maket rancangan bangunan yang akan didirikan … keren !

 

Usai istirahat sejenak makan roti lapis eskrim yang disediakan oleh para guru, mereka kembali berkumpul membentuk kelompok untuk melakukan tur menjelajahi gedung sekolah yang terdiri atas tiga lantai itu. Setiap kelompok dipandu oleh seorang guru bergiliran memasuki berbagai ruangan dari mulai kelas belajar, laboratorium IPA/IPS, perpustakaan, ruang musik, ruang jahit, mushola, bahkan toilet pun mereka datangi untuk memastikan semua homeschooler  memahami kondisi kampus tempat mereka belajar bersama.

Selanjutnya perkenalan dengan walikelas melalui permainan Tebak Gambar Wajah, pembagian hadiah bagi pemenang Permainan Menyusun Balok, dan doa bersama menutup momen PLS SD tahun ajaran 2017/2018 yang berlangsung seru, edukatif, serta penuh persahabatan ini.

Rumah Belajar Persada berdiri sejak November 2008, menyelenggarakan program homeschooling mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA melalui PKBM Tamansari Persada dengan Status Terakreditasi A untuk program Paket Kesetaraan A (SD), Paket Kesetaraan B (SMP), dan Paket Kesetaraan C (SMA). Ada juga kursus melukis, musik, belajar kebun organik,  dan Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ).  Homeschooling Persada menerima pendaftaran para calon siswa dari jenjang TK s/d SMA setiap saat. Lulusan Homeschooler angkatan pertama tahun 2010, dan sudah meluluskan lebih dari 100 siswa SMA yang sudah melanjutkan ke berbagai PTN dan PTS di dalam dan luar negeri. Pada awal pendirian masih bermitra dengan Homeschooling Kak Seto, dan sejak tahun 2016 sudah mandiri dengan nama Homeschooling Persada . Lokasi Home schooling di dekat pintul tol Jatibening – Bekasi , akses mudah dari arah Jakarta Timur,  Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.