Mengasah Kognisi Anak TK Via Lomba 17-an

Tgl Aktivitas: 19 Agustus 2016 Tempat: Kampus RBP, Kompleks Tamansari Persada Raya, Jatibening Baru, Bekasi Peserta: Siswa Kelas A dan B TK 'Tamansari Persada'

Pagi (19/8) itu murid-murid TK Persada, Kelas A dan B, bersama  guru-guru mereka berkumpul di aula kampus Rumah Belajar Persada, Jatibening baru, Bekasi. Ruangan luas itu telah ditata untuk persiapan lomba … yah, seperti kakak-kakak mereka di jenjang SD-SMA, mereka pun dilibatkan oleh para guru dalam selebrasi perayaan 71 tahun kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2016 lalu.

Sejumlah lomba telah disiapkan untuk mereka yang terdiri atas  Balap Kelereng, Lomba Memindahkan Bendera, Lomba Menyusun Balok, dan Lomba Makan Kerupuk. Pada pelaksanaannya semua murid memainkan lomba yang sama dengan kualifikasi yang berbeda untuk TK A maupun TK B, dimana tantangan yang diberikan pada murid TK B jauh lebih kompleks.

Balap Kelereng  dimana setiap peserta diharuskan membawa kelereng menggunakan sendok sambil berjalan cepat, murid TK A menempuh rute datar bolak-balik, sedangkan murid TK B harus berjalan melewati beberapa patok dan meniti bangku kayu. Bila kelereng terjatuh, maka semua peserta harus menaruhnya kembali di sendok dan kembali mengulang dari titik awal.  Begitulah … mereka harus berulang kali melakukannya sampai bisa menyelesaikan satu putaran dengan dukungan semangat ceria penuh cinta guru-guru mereka.

Tekun dan penuh semangat (dok RBP)Bengong menunggu petunjuk, merajuk sedikit menangis saat gagal berkali-kali, berteriak dan melompat girang ketika dinyatakan sebagai pemenang, merangkul teman yang kalah sambil mengucapkan kata-kata menghibur … dinamika emosional ini terlihat mewarnai seluruh perlombaan di hari itu dan menjadi tanggung jawab para pembimbing untuk memanfaatkan setiap peristiwa yang terjadi sebagai bahan edukasi bagi anak-anak didik mereka.

Para pembimbing yang merupakan bagian dari Tim Guru PKBM ‘Tamansari Persada Raya’ itu memang sudah memahami benar bahwa pendidikan di TK berorientasi kepada pemantapan kemampuan motorik, pengembangan kemampuan intelektual- emosional-kreatifitas, dan peletakan dasar nilai-nilai moral serta kedisiplinan  pada anak melalui aktivitas bermain. Semua materi edukasi disampaikan dengan pendekatan bermain plus kegitan kelas yang menyenangkan, termasuk melalui cara mendongeng dengan menggunakan boneka di kelas.

Selengkapnya Via ‘Special Highlight’ Kompasiana: http://www.kompasiana.com/rumahbelajar_persada/mengasah-kognisi-anak-tk-via-lomba-17-an_57be65b3307a61673fbc2cee