MUSEUM IPTEK TMII

Tgl Aktivitas: Tempat: Peserta:

Memahami Makna dan Peran IPTEK dalam Kehidupan Manusia

Kegiatan outing kali ini, para homeschoolers HSKS Jatibening berkesempatan mengunjungi museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) TMII, Jakarta, pada 29 Maret 2011. Mengusung tema tentang penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan sehari-hari manusia, kegiatan ini diikuti oleh siswa/i tingkat SD, SMP, dan SMA HSKS Jatibening.

Area museum berlantai 3 ini, menyajikan berbagai alat peraga interaktif yang dapat dimainkan untuk merangsang keingintahuan pengunjung akan fenomena iptek yang terjadi. Galeri PPIPTEK berisi sekitar 300 alat peraga yang dikelompokkan menjadi 14 wahana, yaitu antariksa, lingkungan, energi, fluida, gelombang, listrik dan magnet, mekanika, optic, transportasi darat, transportasi udara, arena peneliti cilik, matematika, penyakit dan kesehatan, dan galeri Plato.

Para homeschoolers terlihat cukup penasaran untuk mencoba satu persatu alat peraga yang ada. Bahkan aktivitas cukup mengasyikkan saat homeschoolers diberi kesempatan untuk meluncurkan roket di area outdoor. Tidak kalah seru pula ketika uji coba mengendarai sepeda gantung di atas seutas tali. Bagi para homeschoolers, kunjungan ini merupakan pengalaman berharga dan semakin membuka wawasan pengetahuan mereka.