Pelepasan Siswa Angkatan VII Homeschooling Persada Yang Sangat Berkesan

Tgl Aktivitas: 17 Juni 2017 Tempat: Jatibening Baru, Bekasi Peserta: Civitas Homeschooling Persada/Rumah Belajar Persada

Bulan Ramadhan 1438 H yang jatuh pada rentang akhir Mei – Juni 2017 kali ini memang terasa sangat spesial bagi Civitas Rumah Belajar Persada (RBP), terutama bagi PKBM ‘Tamansari Persada’ yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar Homeschooling Persada di kawasan Jatibening Baru (Bekasi), karena di penghujung bulan berlimpah berkah ini mereka berhasil menghantar para  homeschooler  kelas 6, 9, dan 12 ke momen wisuda atau pelepasan siswa. Tepatnya pada Sabtu (17/6) pagi hingga siang lalu di Kampus RBP.

Lulusan SMA tahun ini ,yang merupakan Angkatan VII sejak RBP memulai debut edukasi non formal  homeschooling-nya dengan tiga orang siswa pada tahun 2008, berjumlah 29 orang (IPA/IPS).  Ada di antara mereka yang memilih melanjutkan belajar secara formal di perguruan tinggi negeri maupun swasta atau menekuni bidang sesuai  passion  masing-masing. Deretan alumni Homeschooling Persada yang berhasil lulus seleksi menjadi mahasiswa di perguruan tinggi terkemuka sekarang bertambah dengan Kiran (diterima di FSRD-ITB) dan  Inara (PKG-UI).

Agus Basuki Yanuar,   salah seorang  founder RBP, dalam sambutannya menyatakan bahwa keberhasilan mereka berdua telah menambah jumlah perguruan tinggi favorit yang berhasil dimasuki oleh alumni Homeschooling Persada,”Anak-anak kita sebelumnya sudah berhasil lolos ke Unpad, UGM, UI, ITB, dan beberapa perguruan tinggi negeri terkemuka lainnya, tinggal IPB mudah-mudahan nanti ke depan ada yang bisa melanjutkan kuliah di sana.”Tutur ayah tiga putra itu seraya memaparkan berbagai prestasi lain yang diraih oleh institusi pendidikan yang dibidaninya tersebut,”Semua program kesetaraan kita sudah mencapai Status Akreditasi A dan dari Tim Guru, Miss Novie terpilih menjadi wakil provinsi Jawa Barat dalam kompetisi Tutor Paket B tingkat nasional, taman bacaan masyarakat dan tutor Paket A kita pun meraih juara di tingkat Kota Bekasi.”

Prestasi lain yang patut dicatat bahwa Proyek Buku Tahunan, hasil dokumentasi profil maupun kiprah para lulusan SMA yang dikemas kreatif dalam bentuk buku album, kini sepenuhnya ditangani oleh para  homeschooler  dan Tim Guru bertindak sebagai konsultan. Sebelumnya para gurulah yang menangani proyek tersebut.

Selebrasi pelepasan siswa yang dikemas sederhana namun penuh makna tersebut dihadiri oleh Kabid Pendidikan Masyarakat PAUD, Yopik Roliyah beserta para penilik dan utusan Forum PKBM Bekasi; Pembina PKBM, Revita Tantri; Ketua PKBM, Wina Yunitasari, dan para orangtua/keluarga yang mendampingi putra-putri mereka di momen yang sangat membahagiakan itu. Usai rangkaian sambutan, pelepasan dimulai dengan menghadirkan lulusan pertama TK ‘Persada’, lalu berturut-turut lulusan SD, SMP, dan SMA. Para guru pembimbing setiap jenjang melepas anak-anak didik mereka dengan petuah dan doa yang dikemas apik dalam narasi-puisi-lagu yang mereka gubah dan bawakan sendiri diiringi Street Violin Combo. Keharuan menyeruak cukup dalam saat para guru melepas para lulusan SMA. Penampilan tunggal  homeschooler Joshua Finno dengan keyboard organ-nya menutup keseluruhan acara.

Kelulusan para  homeschooler , menurut Wina dalam sambutannya, merupakan bagian dari hasil kerja keras mereka selama ini sekaligus juga bagian dari proses pengembangan selanjutnya. Selamat atas kelulusannya dan selamat berjuang pula di jenjang pendidikan berikutnya … We Can Do It !

 

Rumah Belajar Persada berdiri sejak November 2008, menyelenggarakan program homeschooling mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA melalui PKBM Tamansari Persada dengan Status Terakreditasi A untuk program Paket Kesetaraan A (SD), Paket Kesetaraan B (SMP), dan Paket Kesetaraan C (SMA). Ada juga kursus melukis, musik, belajar kebun organik,  dan Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ).  Homeschooling Persada menerima pendaftaran para calon siswa dari jenjang TK s/d SMA setiap saat. Lulusan Homeschooler angkatan pertama tahun 2010, dan sudah meluluskan lebih dari 100 siswa SMA yang sudah melanjutkan ke berbagai PTN dan PTS di dalam dan luar negeri. Pada awal pendirian masih bermitra dengan Homeschooling Kak Seto, dan sejak tahun 2016 sudah mandiri dengan nama Homeschooling Persada . Lokasi Home schooling di dekat pintul tol Jatibening – Bekasi , akses mudah dari arah Jakarta Timur,  Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.