Seminar Komunikasi Efektif Antara Guru, Orangtua, dan Anak

Tgl Aktivitas: Tempat: Peserta:

Orangtua dan Guru sebagai Mitra

Tanyakan pada diri sendiri, sejauh mana keluarga mendukung Anda untuk sukses? Apakah keluara mendukung Anda dalam mencapai tujuan hidup? Bagaimana peran orangtua dan guru dalam menjadikan Anda pribadi yang “suka membaca”?

Pada prinsipnya antara guru dan orangtua adalah partner dalam mencetak anak yang berprestasi baik di bidang akademik, life skill, dan meningkatkan kualitas hidup anak. Seperti yang dipaparkan Vierra Adella, P.si, M.Psi dalam seminarnya yang bertajuk Komunikasi Efektif antara Guru, Orangtua, dan Anak, pada Sabtu/ 5 November 2011 di Rumah Belajar Persada.

Ada beberapa sikap yang dapat dilakukan orangtua agar terbentuk relasi yang konstruktif dengan guru, yaitu saling mendengarkan perspektif satu sama lain, melihat perbedaan sebagai kekuatan, berfokus pada kepentingan bersama, dan berbagi informasi untuk membangun pemahaman yang utuh tentang anak.

Menurut Vierra, sama halnya dengan orangtua, guru pun harus memiliki sikap yang sama, antara lain hargai kemampuan satu sama lain, membuat rencana bersama dan mengambil keputusan yang menguntungkan bagi orangtua, guru, dan anak, kemudian selalu belajar dari kekeliruan sehingga tidak emnyalahkan invidu lain, yang terakhir rayakan kesuksesan bersama.