MAGANG DI KJRI PERTH – AUSTRALIA

Bekerja atau magang di sebuah Konsulat Jenderal Republik Indonesia merupakan salah satu cita-cita yang diimpikan  para pemuda Indonesia. Salah satu yang mampu mewujudkannya adalah Aditya Kusuma Putra, alumni Homeschooling Persada angkatan V. Saat ini Adit, begitu dia biasa dipanggil, sedang menjalankan magang di KJRI Perth, Australia. Kegiatan magang ini dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan kuliah dari jurusan International Relationship di International  University Liaison Indonesia. Adit memilih untuk magang disana karena dia sangat penasaran kegiatan-kegiatan yang dilakukan perwakilan Indonesia di luar negeri,  serta ingin mengenal dan merasakan kehidupan masyarakat di sana,  termasuk  cara mereka  bersosialisasi,  maupun pelayanan umum transportasi.  Ehmmm… Adit dari dulu penasaran loh kenapa di Jakarta transportasi umum kurang teratur,  dan susah mencari tempat yang aman dan nyaman untuk pejalan kaki seperti dirinya.

Aditya Kusuma Putra Alumni Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada Aditya Kusuma Putra Alumni Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada

Saat menjadi siswa Homeschooling Persada, Adit aktif di kegiatan sekolah dan luar sekolah. Atlet basket ini sangat senang menyaksikan pameran kesenian tradisional Indonesia dan  Jepang, serta memperdalam Bahasa Jerman di Goethe Institute Jakarta. Adit dikenal sebagai anak yang mudah bersosialisasi. Pengalaman bersosialisasi di Homeschooling, yang harus  menghargai semua siswa,  baik itu siswa biasa maupun yang berkebutuhan khusus, membuat dia lebih mudah untuk bergaul dengan semua kalangan  di kampusnya.  Bahkan,  jika ada kunjungan kampus dari homeschooling lain, Adit sering diminta bantuan untuk menjadi guide.

Kemampuan bersosialisasi yang baik, bisa berbahasa Jerman dan punya pengetahuan kesenian,  menjadi  beberapa faktor yang membuat Adit ditempatkan pada bagian Pendidikan Sosial Budaya (Pensosbud) di KJRI Perth. Adit sering terlibat dalam kegiatan kesenian yang diadakan oleh KJRI,  serta  melayani tamu-tamu dari Jerman.  Wah kegiatannya padat juga ya… Semoga Adit lancar menjalani magang,  serta  tercapai kelak cita-citanya  untuk bekerja di Kedutaan Besar.

Aditya Kusuma Putra Alumni Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada Aditya Kusuma Putra Alumni Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada

Dari pengalaman Adit dapat kita pelajari bahwa keberhasilan itu tergantung pada kesungguhan dan ketekunan dalam mencapai cita-cita. Keahlian bersosialisasi dan mempunyai pengetahuan yang luas merupakan salah satu modal yang penting dalam bekerja.

(reporter :  Usma Rinawati, S.Si ).

Ayo share alumni ini