Bermain Engklek Sambil Mengenal Angka

Narasumber: www.ayahbunda.co.id/balita-tips/20-cara-seru-mengenalkan-angka-pada-anak

Tahukah anda bahwa mengajarkan konsep pramatematika dapat menstimulasi anak untuk berpikir logis dan sistematis sejak dini ? Prof Susan A Miller, Ed D., pakar pendidikan anak usia dini dari University of Pennsylvania (AS), anak-anak usia dini dapat diajak  mulai mengenal angka melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya. Ada banyak cara menyenangkan untuk melakukan hal itu.

Tim Guru PKBM ‘Tamansari Persada’, Jatibening Baru (Bekasi), memilih Permainan Engklek untuk pengenalan angka bagi peserta didik PAUD dan TK mereka. Hari (7/1) itu anak-anak balita mengisi waktu belajar mereka yang singkat dengan menapaki kotak-kotak tikar puzzle angka sesuai arahan guru pembimbing mereka. Wajah-wajah mungil nan ceria dengan celoteh ramai menunjukkan tingginya antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Setiap anak akan disemangati untuk melompat ke puzzle tikar yang bergambar angka 1, 2, 3, dan seterusnya sambil dipandu  menyebutkan angka di setiap kotak yang dipijaknya. Begitulah, mereka berlatih untuk mengasah kemampuan motorik kasar sambil belajar urutan bilangan. Selain itu permainan tradisional ini pun dapat merangsang kemampuan berkomunikasi anak-anak satu sama lain.

Belajar matematika tak selalu harus dengan wajah serius dalam suasana yang menegangkan, bukan ?

Ikuti aktifitas ‘fun learning’ lainnya via http://www.rumahbelajar-persada.com/

 

Referensi

https://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/20-cara-seru-mengenalkan-angka-pada-anak