Juara Nasional Tutor Paket B Dari PKBM ‘Tamansari Persada’

Narasumber: Novie Jayanti Normasari

Di tengah maraknya pemberitaan seputar respon masyarakat terhadap proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017, menyeruak angin segar yang memunculkan harapan baru di dunia pendidikan negeri ini dari Provinsi Bengkulu yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Tanpa banyak mendapat sorotan publikasi media, provinsi muda yang pemerintahnya tengah giat melancarkan program pengentasan kemiskinan tersebut sukses menggelar  hajat pendidikan yang inspiratif, yaitu Apresiasi Guru Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017 pada 9- 15 Juli 2017 lalu.

 Acara yang merupakan ajang kompetisi prestisius bagi institusi – praktisi pendidikan non formal (PNF) tersebut menjadi semacam media pertukaran informasi dan wadah menjalin sinergi antar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) lintas provinsi tentang berbagai solusi serta inovasi dalam memberikan akses pendidikan bagi kalangan warga masyarakat yang tergolong rawan mendapat pendidikan (RMP) karena kendala ekonomi maupun non ekonomi.

Provinsi Jawa Barat membukukan prestasi gemilang dengan menyabet tujuh medali emas juara pertama untuk berbagai kategori yang salah satunya dipersembahkan oleh Novie Jayanti Normasari, SPd.I., salah seorang guru dari PKBM ‘Tamansari Persada’/Homeschooling Persada (Jatibening Baru, Bekasi) yang sukses menjadi Juara Pertama Tutor Paket B Tingkat Nasional 2017.

Novie (29) mengusung karya terbaiknya yang berjudul “ Pembelajaran Tematik Melalui Kegiatan ‘Pasar Rakyat’ Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar Paket B “ berhasil memukau para anggota Dewan Juri melalui presentasi, micro teaching,  dan sesi tanya jawab yang dilakukannya dalam rangkaian proses kompetisi. Satu momen yang melekat kuat dalam ingatan Novie adalah ketika salah seorang juri menanyakan perlu-tidaknya inovasi dilakukan dalam kegiatan pembelajaran PNF.

“Inovasi sangat dibutuhkan.”Papar Novie saat itu,”Namun itu baru akan efektif bila didukung oleh perencanaan yang sangat matang dan guru-guru yang memahami karakter para siswanya.”

Ketika pertanyaan berlanjut dengan bagaimana hal itu bisa dilakukan, Novie pun menuturkan bahwa di PKBM ‘Tamansari Persada’ tempatnya berkiprah selalu diberikan pelatihan pembelajaran rutin dua kali sebulan,”Para juri sangat mengapresiasi hal tersebut dan saking antusiasnya mereka juga menyempatkan untuk membuka portal pendidikan kami.”Ujarnya,”Lantas mereka bilang kalau PKBM ‘Tamansari Persada’ merupakan lembaga yang sangat pantas untuk dijadikan sebagai percontohan bagi PKBM lainnya di seluruh Indonesia agar selalu maju.”

Pendidikan idealnya memang harus selalu dapat diakses dengan mudah oleh segenap lapisan masyarakat lintas strata sosial, usia, maupun latar belakang lainnya karena tinggi-rendahnya kesejahteraan lahir-batin sebuah bangsa akan sangat ditentukan oleh seberapa tinggi kualitas pendidikan yang dimiliki oleh warganya. Keberadaan PKBM yang mayoritas merupakan hasil iniatif mandiri masyarakat merupakan solusi bagi keterbatasan aset pendidikan formal yang difasilotasi oleh pemerintah ini seyogyanya didukung dengan sebaik-baiknya.

Rumah Belajar Persada berdiri sejak November 2008, menyelenggarakan program homeschooling mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA melalui PKBM Tamansari Persada dengan Status Terakreditasi A untuk program Paket Kesetaraan A (SD), Paket Kesetaraan B (SMP), dan Paket Kesetaraan C (SMA). Ada juga kursus melukis, musik, belajar kebun organik,  dan Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ).  Homeschooling Persada menerima pendaftaran para calon siswa dari jenjang TK s/d SMA setiap saat. Lulusan Homeschooler angkatan pertama tahun 2010, dan sudah meluluskan lebih dari 100 siswa SMA yang sudah melanjutkan ke berbagai PTN dan PTS di dalam dan luar negeri. Pada awal pendirian masih bermitra dengan Homeschooling Kak Seto, dan sejak tahun 2016 sudah mandiri dengan nama Homeschooling Persada . Lokasi Home schooling di dekat pintul tol Jatibening – Bekasi , akses mudah dari arah Jakarta Timur,  Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.