M E R D E K A

Narasumber:

Sering kali kita mendengar atau bahkan menyerukan kata “ Medeka”.  Dan setiap dari kita memiliki pandangan sendiri dalam memaknai kata “ Merdeka” . Terlebih kata tersebut, akan sering terdengar dan tertulis di bulan Kemerdekaan bangsa Indonesia, atau kita sebut HUT Republik Indonesia. .

Di Indonesia, makna merdeka sangat akan terasa kental pada bulan Agustus, karena bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekan bangsa tercinta ini. Ya, 17 Agustus adalah hari yang selalu punya kesan tersendiri bagai rakyat di bumi Indonesia. Tua, muda, besar kecil akan merayakan hari jadi Bangsa Indonesia dengan aktifitas yang seru dan menarik. Bahkan menjadi objek hiburan bagi kita semua.

Menjadi ciri khas bangsa Indonesia, ketika merayakan hari Kemerdekaan, dengan mengadakan banyak aktifitas fisik dalam kemasan lomba yang bertabur hadiah-hadiah menarik. Aneka lomba yang unik dan seru dapat kita lihat disetiap sudut kota maupun desa, bahkan gang-gang disekitar perumahan padat penduduk pun semua merayakan dengan suka cita.

Nah disinilah kata “Merdeka” digaungkan manakala kemenangan dari lomba diraih, sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan tanpa instruksi. Wajah Lelah nyaris tak nampak, bagi semua peserta lomba atau yang hanya sekedar menjadi penonton sejati, merangkap supporter. Setiap wajah terlihat gembira dan penuh tawa.

Dapat disimpulkan bahwa “MERDEKA” adalah, pancaran kebahagiaan yang tulus yang dirasakan dan dinikmati semua mahluk di muka Bumi, tanpa luka. Karena semua lapisan masyarakat dan seluruh mahluk akan menggoreskan kata Merdeka dalam ukiran senyum diwajah dengan pancaran mata yang ceria.

 

 

Merdeka !!!

Jelang tengah hari, di Selasa 14 Agustus 2018

(WY)