Study Banding Pendidikan ke Negara Finlandia

Narasumber:

Ada yang pernah dengar tidak sebuah petuah Arab yang mengatakan “Kejarlah Ilmu sampai ke Negeri Cina,” lalu apa artinya ya ? Nah sebenarnya arti dari petuah tersebut adalah tuntutlah ilmu sejauh apapun ilmu itu berada. Namun kali ini bukan ke negeri Cina, melainkan ke negara yang terkenal dengan sistem pendidikan nomor 1 di dunia yaitu Finlandia.

Studi Banding Edu Trip Finland Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada

Ibu Revita Tantri Yanuar selaku founder Rumah Belajar Persada memberikan kesempatan kepada dua guru Homescholing Persada yaitu Ibu Novie dan Ibu  Saroh untuk dapat menimba ilmu dan belajar tentang dunia pendidikan di Finlandia. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi pendidik Homeschooling Persada. Kunjungan pada hari selasa, 04 September 2018, adalah ke sekolah Kilonpuiston Koulu, yaitu lembaga pendiidikan untuk siswa tingkat SD dan SMP. Bersama rombongan Next Edu, kami mengamati sistem pendidikan dan suasana di sekolah tersebut. Perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke kota tua Porvoo.

Studi Banding Edu Trip Finland Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada

Selanjutnya pada Rabu, 05 September 2018, kami  berkunjungan ke sekolah Folks Skola dan Dickursby Skola, sekolah Swedish Finland yang terletak di daerah Vantaa, Finlandia. Pada Kunjungan tersebut, kami di temani oleh Ms. Tonya berkeliling sekolah dan melihat suasana belajar mengajar di sana.

Ada kemiripan lho,  suasana belajar di sana dengan Homeschooling Persada. Hal yang menjadi prioritas utama adalah kenyamanan dan kebahagian semua civitas sekolah. Ini juga yang selalu diterapkan oleh kami para guru di Homeschooling Persada. Sehingga para Homeschoolers  sangat nyaman dan selalu semangat menuntut ilmu di sekolah dengan sarana-prasarana yang bersih , sejuk dan guru-guru yang selalu ramah dan penuh pengertian pada semua Homeschoolers.

Perjalanan kemudian di lanjutkan ke Youth Center Munkinlemi, yakni tempat di mana anak-anak muda dapat  bertemu dan melakukan berbagai kegiatan. Biasanya anak-anak di Finlandia akan berkumpul ke Youth Center sepulang sekolah atau pada saat hari libur. Youth Center Munkinlemi menfasilitasi anak-anak untuk melakukan berbagai kegiatan positif sesuai dengan minat dan bakat anak. Penasaran dengan cerita selanjutnya ?  Nantikan cerita selanjutnya mengenai Study Banding ke Finlandia di artikel terpisah selanjutnya.

Studi Banding Edu Trip Finland Homeschooling Persada Rumah Belajar PersadaStudi Banding Edu Trip Finland Homeschooling Persada Rumah Belajar Persada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

We can do it….!  demikian moto Rumah Belajar Persada yang menaungi Homeschooling Persada, sudah terakreditasi A untuk tingkatan SD – SMP dan SMA ; serta sudah tersedia  pula jenjang PAUD & TK ( reporter : Novie )