Pendidikan merupakan proses sistematis akademik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan ketiga dimensi kemanusiaan paling elementer, yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik; dapat berkembang optimal. Oleh karena itu pendidikan diharapkan dapat menjadi wahana strategis bagi upaya pengembangan potensi individu agar cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat tercapai (Depdiknas, 2005).

Belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dengan bimbingan yang terpantau, merupakan salah satu pembelajaran yang efektif.

Hal tersebut di atas baru dapat direalisasikan dengan menyelenggarakan sistem pembelajaran terpadu yang dinilai memiliki sejumlah kelebihan (Depdikbud, 1996) antara lain :

  1. Pengalaman dan kegiatan belajar anak relevan dengan tingkat perkembangannya.
  2. Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
  3. Kegiatan belajar bermakna bagi anak, sehingga hasilnya dapat bertahan lama.
  4. Keterampilan berpikir anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu.
  5. Kegiatan belajar mengajar bersifat pragmatis sesuai dengan lingkungan anak.
  6. Keterampilan sosial anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu.

Sistem pembelajaran terpadu ini pun akan memberikan kontribusi positif dalam penyelenggaraan pendidikan non formal (PNF) dengan program Paket Kesetaraan A, B, dan C bagi anak-anak didik yang disebabkan oleh berbagai latar belakang menemui kesulitan mengakses jenjang pendidikan formal SD-SMA.

a. Lingkup Aktifitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ‘Tamansari Persada’

Lembaga kami merupakan arena belajar non formal / informal yang bernama PKBM ‘Tamansari Persada’, bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Rumah Belajar Tamansari Persada, dengan akte pendirian notaris no.11,- /23 Juli 2013.

Kami memfokuskan diri pada penyelenggaraan program pendidikan bagi para peserta didik usia sekolah yang memiliki keterbatasan waktu belajar karena agenda aktifitas profesional mereka sangat padat dan bagi anak-anak yang membutuhkan belajar dalam kelompok kecil dengan melibatkan para orangtua di dalamnya sedemikian rupa hingga dapat dibangun kondisi belajar yang nyaman serta sehat.

 

Kami percaya bahwa filosofi “ Belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dengan bimbingan yang terpantau”, merupakan salah satu proses pembelajaran efektif yang diharapkan bisa memberikan ruang dan waktu pada peserta didik untuk terus berkembang, sesuai dengan motto kami “ I CAN DO IT “ atau “ SAYA BISA..!”

Kami melaksanakan proses pembelajaran dengan Sistem Semi Homeschooling yang memadukan metode kegiatan belajar-mengajar (KBM) tatap muka siswa dengan guru / tutor sebanyak 3 kali per minggu dan kegiatan belajar di rumah dalam pemantauan orangtua/wali. Materi acuan maupun tugas akademik dapat diunduh via pkbm-tamansaripersada.sch.id.

Sistem Semi Homeschooling (SHS) ini akan memberikan keleluasaan waktu bagi para peserta didik untuk menggali dan mengembangkan potensi individual masing-masing baik secara otodidak maupun bergabung dalam kursus/sanggar sesuai bakat/talenta mereka yang diharapkan dapat membangun life skills yang akan sangat bermanfaat bagi pengembangan hidup mereka di kemudian hari.

SHS memungkinkan para peserta didik yang memiliki minat dan bakat khusus dalam bidang seni; seperti seni musik, seni rupa, maupun berbagai talenta yang berkaitan dengan seni lainnya, atau punya agenda khusus untuk menjadi atlet profesional di berbagai cabang olahraga dapat terus menjalankan programnya masing-masing tanpa harus kuatir dengan masalah sertifikasi akademik (ijasah) untuk kelanjutan jenjang studi mereka kelak. Fleksibilitas waktu maupun porsi belajar yang terarah dengan dukungan Tim Guru bekerjasama dengan orangtua/keluarga memungkinkan peserta didik mencapai prestasi terbaik dalam olah talentanya sekaligus tetap dapat mengakses kesinambungan pendidikan sesuai yang diharapkan.

Metode edukasi di atas sejalan dengan UU No 20 Bagian Kelima Pasal 26 tentang Pendidikan Non Formal yang berbunyi :

  1. Pendidikan Non Formal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/ataupelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.
  2. Pendidikan Non Formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Kurikulum PKBM ‘Tamansari Persada’ disusun dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) No 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan. Pada pelaksanaannya kurikulum tersebut disusun dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan model pembelajaran tematik.

PKBM ‘Tamansari Persada’ menggunakan pendekatan fun & integrated learning yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk berbagai macam permainan/kuis interaktif dengan tujuan membangun kegiatan belajar yang ceria dan menyenangkan. Tema-tema tertentu yang merupakan bagian inti ( center core/center of interest ) dari materi dikemas secara menarik melalui berbagai aktifitas dalam penyampaian materi pelajaran. Kesemuanya itu diharapkan dapat menumbuhkan keseimbangan pertumbuhan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak didik.

Berikut ini adalah rangkaian aktifitas PNF-SHS terpadu di PKBM ‘Tamansari Persada’ :

Outing Class

Outing Class atau outing adalah salah satu program pembelajaran yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Outing dinilai kalangan pendidik sebagai metode belajar yang relatif menyenangkan dan memberikan dorongan persuasif kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam sekitarnya hingga diharapkan akan tumbuh kearifan dalam diri mereka saat berinteraksi dengan alam yang lebih luas beserta sosio kulturalnya.

PKBM ‘Tamansari Persada’ menyelenggarakan Outing Class dengan memfasilitasi Ekspedisi ke berbagai tempat sesuai tema pembelajaran sebanyak dua kali setahun, agenda rutin tahunan Permainan Tradisional yang bertujuan memberikan kontribusi pada upaya pelestarian permainan khas Indonesia yang bernilai edukatif, Special Moments Celebration berupa perayaan berbagai hari besar nasional serta hari ulang tahun Rumah Belajar Persada yang merupakan cikal bakal PKBM ini, dan Kompetensi Tematik Semesteran yang merupakan ajang olah kreatifitas anak didik dalam mempresentasikan hasil belajar mereka selama satu semester.

Homeschooling Persada

Kelas Kreasi

PKBM ‘Tamansari Persada’ menyelenggarakan berbagai aktifitas ketrampilan (life skills) untuk pengembangan potensi diri anak didik sekaligus bekal berwirausaha. Kelas Kreasi yang sudah dirintis adalah berkebun organik, menjahit, memasak, origami, dan berbagai ketrampilan lainnya. Kelas Kreasi ini rencananya akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan saran / masukan dari masyarakat sekitar.

 

Homeschooling Persada

Parents Meeting

Sarana komunikasi antar guru dan orang tua / wali untuk menyampaikan informasi perkembangan peserta didik dalam bentuk laporan verbal dan tertulis ( buku laporan pendidikan/rapot). Kegiatan ini di laksanakan per triwulan.

b. Paket Kesetaraan dan Legalitas Ijasah

UU RI No. 20 tahun 2003 Bagian Kelima tentang Pendidikan Non Formal pasal 26 menyebutkan , ”Hasil pendidikan non formal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional”.

Maka peserta didik yang mengikuti satuan PNF akan mendapatkan Ijasah Kesetaraan yang dikeluarkan oleh Kemdiknas ,yaitu : Paket A setara dengan SD, Paket B setaraSMP, dan Paket C setara SMA. Ijasah ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan sekolah formal yang lebih tinggi didalam dan diluar negri.

Semua jenjang kesetaraan di Homeschooling Persada, baik Paket A, Paket B, dan Paket C memiliki Status Akreditasi A berdasarkan surat ketetapan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAKN- PAUD dan PNF).

Syarat penerimaan siswa Paket Kesetaraan :

  • Berusia minimal 12 tahun pada bulan Juni saat mengikuti ujian Paket Kesetaraan A ( SD ).
  • Ijasah dan raport terakhir bagi peserta didik paket B / SMP dan C / SMA.
  • Usia minimum ijasah dari jenjang sebelumnya adalah 3 tahun ajaran.

Bimbingan Belajar (Bimbel)

Djumhur dan Mohammad Surya (1978) menjelaskan bahwa tujuan dari bimbingan belajar (bimbel) ialah membantu siswa agar mendapat penyesuaian yang baik dalam situasi belajar. Adanya bimbingan inidiharapkan dapat merangsang setiap siswa belajar sebaik mungkin, sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya.”

Bimbel di PKBM ‘Tamansari Persada’ bertujuan membantu siswa agar dapat lebih mandiri dalam memahami pelajaran dengan metode pendekatan personal di bawah bimbingan guru. Setelah mengikuti proses bimbel diharapkan siswa lebih percaya diri dan mampu belajar secara mandiri.

Saat ini kami membuka Kelas Bimbel untuk :

  • Tingkat Sekolah Dasar : Kelas IV, V dan VI
  • Tingkat Sekolah Menengah Pertama : Kelas VII, VIII, dan IX
  • Tingkat Sekolah Menengah Atas : Kelas X, XI, dan XII ( IPA/ IPS )

c. PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )

Taman Kanak Kanak / Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun (golden age), yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Homeschooling Persada

Proses pembelajaran PAUD di tempat kami menggunakan konsep pendidikan yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anak usia dini baik secara potensi, ketrampilan, kecerdasan, kreatifitas, sosial, maupun aspek-aspek lainnya yang mendukung tingkat intelektual maupun emosi anak. Tiga ranah pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif , dan psikomotorik diakomodir dengan proses pembelajaran, yang diberikan melalui aktifitas-aktifitas yang berpusat pada Sentra. Saat ini kami menggunakan Sentra Balok, Sentra Bermain Peran ( Peran besar dan Peran kecil ), Sentra Persiapan, Sentra Seni, dan Sentra Bahan Alam

Program Utama

Program utama PAUD di PKBM ‘Tamansari Persada’ meliputi

  • Pengembangan karakter mulia
  • Membangun kreativitas anak
  • Mendorong seni dan bakat anak
  • Menumbuhkan mentalitas anak usia dini

d. Fasilitas

Keseluruhan aktifitas harian pembelajaran di Yayasan Pendidikan ‘Rumah Belajar Tamansari Persada’ yang menaungi PKBM ‘Tamansari Persada’ berpusat di Kampus Rumah Belajar Persada (RBP) yang terletak di Kompleks Tamansari Persada Raya Blok XVII No 9 Jatibening Baru — Bekasi 17412.

Kampus RBP berupa bangunan kokoh permanen tiga lantai yang memiliki sejumlah fasilitas bermutu baik untuk memdukung terselenggaranya aktifitas edukatif yang kondusif, sehat, dan nyaman. Fasilitas tersebut meliputi Lobi, Ruang Guru, Ruang Kelas, Ruang PAUD, Laboratorium IPA/IPS, Perpustakaan, Aula, Galeri Lukis, Mushola, Pantry, dan MCK yang representatif.

RBP pun menyediakan berbagai fasilitas penunjang , seperti aneka alat musik modern maupun tradisional dan berbagai macam permainan edukatif yang diharapkan dapat membuat anak didik merasa homy dalam menjalankan aktifitas belajarnya di kampus. Pemakaian AC dan Lift bertujuan untuk menghadirkan suasana nyaman yang membuat interaksi antar civitasnya bisa berlangsung baik dan menyenangkan.

Info & Pendaftaran

T (021) 865 0673 / Mobile : 0812 8122880

Email : info@rumahbelajar-persada.com

Halaman selanjutnya tentang