Galeri Rumah Belajar Persada (RBP) adalah nama kursus melukis yang bernaung di bawah PKBM ‘Tamansari Persada’ yang terletak di Perumahan Tamansari Persada Raya, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi.

Kursus ini akademiker menawarkan bimbingan belajar melukis untuk berbagai kalangan; yaitu pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pria/wanita lanjut usia, dan anak anak berkebutuhan khusus ( ABK). Tujuan penyelenggaraan kursus adalah memandu para peserta kursus dalam mengembangkan bakat dan, bila dikendaki, memberikan arahan untuk berkembang menjadi pelukis profesional di masa mendatang.Para pembimbing di Galeri  RBP meyakini bahwa setiap orang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk melukis selama ada kemauan, semangat, dan rasa percaya diri untuk mulai belajar melukis. Metode yang digunakan dalam kursus ini adalah setiap peserta didorong untuk mencoba dan menikmati secara langsung proses melukis di atas kanvas. Hal itu berlaku sama baik bagi para pemula dalam dunia melukis maupun mereka yang memang telah memiliki dasar-dasar melukis.

Para peserta akan dibimbing untuk melukis dengan media oil painting, acrylic on canvas, atau media lukis lain yang disapukan ke permukaan kanvas dengan bantuan kuas, pisau palet,jari, atau perangkat lain yang dikehendaki.

Kelebihan kursus melukis di Galeri RBP dibandingkan di tempat lain adalah proses belajar yang didasarkan pada karakteristik individual para peserta lukis sehingga obyek dan tema melukis setiap individu akan berbeda-beda. Secara umum ada dua jenis kelas kursus melukis di Galeri RBP, yaitu Kelas Melukis Umum dan Kelas Melukis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Secara umum pertemuan tatap muka dengan pembimbing berlangsung satu kali seminggu dengan durasi 1,5 – 2 jam. Sesi pertama tatap muka akan diisi dengan observasi kemampuan peserta didik tahap awal dimana pembimbing akan memberikan sebuah kanvas untuk melukis bebas dengan obyek sederhana yang biasanya dapat diselesaikan dalam 4 kali pertemuan.

Setelah sesi itu, para peserta dididik akan didampingi untuk mencoba melukis obyek yang berbeda-beda baik secara langsung maupun berdasarkan gambaran sebuah foto. Hal tersebut dimaksudkan untuk melatih ketajaman rasa atas lukisan dan melatih penguasaan berbagai teknik melukis sebagai bahan bagi para peserta kursus untuk berinovasi menemukan gaya melukisnya masing-masing yang baru akan tercapai bila yang bersangkutan konsisten melatih diri secara terus menerus di bawah bimbingan yang tepat.

Homeschooling Persada

Para peserta kursus diharapkan sudah dapat berkarya secara mandiri setelah menjalani 3-6 bulan bimbingan intensif di Galeri RBP dan proses selanjutnya adalah pengembangan wawasan seputar aliran seni lukis pilihannya lewat diskusi interaktif dengan pembimbing kursus.

Metode bimbingan spesifik untuk Kelas Melukis Umum dan Kelas Melukis ABK dapat dilihat dalam paparan berikut ini.

Kelas Melukis Umum

Para peserta Kelas Melukis Umum sebagaimana yang telah dipaparkan di atas terdiri atas pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan kalangan lanjut usia. Secara garis besar metode bimbingannya adalah sebagai berikut :

  1. Pembimbing akan memberikan kanvas dan membebaskan peserta kursus untuk berekspresi dengan memilih gambar/obyek sesuai keinginan masing-masing;
  2. Setelah obyek lukisan dipilih, peserta akan dibimbing membuat sketsa langsung secara proporsional di atas kanvas;
  3. Saat proses pembuatan sketsa berlangsung, pembimbing akan mengajarkan teknik pembesaran obyek dengan menjaga keseimbangan volume secara proporsional agar tidak terjadi “kebesaran atau kekecilan gambar” , sehingga hasilnya enak dipandang dengan perspektif yang berdimensi;
  4. Setelah sketsa rampung digambar, tahap selanjutnya adalah belajar proses pewarnaan, termasuk teknik pencampuran warna untuk memperoleh warna yang cocok.
  5. Secara bersamaan, para peserta akan diperkenalkan pula pada berbagai cara menggoreskan kuas. Hal ini sangat penting untuk menghadirkan ‘jiwa’ dalam lukisan melalui berbagai dimensi warna dan sudut pencahayaan. Dua unsur terakhir ini sangat penting untuk bekal menjadi pelukis profesional kelak di kemudian hari.
  6. Terakhir adalah finishing, tentunya merupakan hal sangat penting, karena diperlukan ketelitian dalam hal menyentuh ‘rasa’ sehingga hasil karya seni tersebut dapat benar-benar dinikmati oleh mereka yang memandangnya.

Kelas Melukis Anak Berkebutuhan

Galeri RBP juga menerima peserta kursus dari kalangan anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan catatan bahwa kondisinya secara fisik dan mental memungkinkan untuk mengikuti proses belajar melukis serta didukung oleh kerjasama terpadu dengan orangtua.

Secara umum bimbingan melukis bagi ABK berpatokan pada hal-hal berikut ini :

  1. Pembimbing tidak akan menekankan bentuk yang digambar peserta harus sama/sesuai dengan obyek lukisan karena fokus pertama adalah mendampingi anak untuk dapat belajar meningkatkan konsentrasi dan bersikap tenang, mengingat ABK biasanya cenderung hiperaktif;
  2. Setelah konsentrasi anak mengalami kemajuan, barulah secara perlahan-lahan pembimbing akan mengarahkan anak pada proses belajar melukis sebagaimana telah diuraikan pada metode bimbingan Kelas Melukis Umum.
  3. Kerjasama penuh antara Galeri RBP dengan orangtua dalam proses bimbingan melukis anak adalah mutlak diperlukan untuk memahami dan menjalin kesepakatan dalam mengakomodir kekurangan maupun kelebihan ABK yang bersangkutan.

Pembimbing Kursus

Pembimbing utama kursus melukis di Galeri RBP adalah pelukis otodidak senior Alianto yang tercatat telah melakukan sejumlah pameran, antara lain :

  1. Pameran Lukisan Kebersamaan ke 1-8 (2000-2006), salah satunya di Hotel Crowne Plaza Jakarta.
  2. Pameran Lukisan “ A Heart for Hope” (2003) di Lobby Ramayana Hotel Indonesia.
  3. Pameran Lukisan Kebhinekaan 1 (2005) di Hotel Crowne Plaza, Jakarta.
  4. Pameran Lukisan “Kasih Bunda Mengantar Pelukis Muda” (2008) di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, diselenggarakan oleh Rumah Belajar Persada dan Rumah Lukisku.
  5. Pameran Lukisan “Warna Warni Kasih Bunda” (2009) di Grand Indonesia, Jakarta, diselenggarakan oleh Rumah Belajar Persada dan Rumah Lukisku.
  6. Pameran Lukisan “ Gurat Seni Semangat Bangsa” (2011), di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, diselenggarakan oleh Rumah Belajar Persada dan Rumah Lukisku.

Sejumlah karya para peserta kursus melukis di Galeri RBP yang disertai saran-saran perbaikan dari Alianto dapat dilihat di situs ini dan sebagian dari hasil lelang lukisan peserta telah disumbangkan keberbagai yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan/pendidikan.

Catatan :
Galeri Rumah Belajar Persada telah mengantongi Izin Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal dan Anak Usia Dini No : 421.10/4019/Dik 3/K.56

Info & Pendaftaran

T (021) 865 0673 / Mobile : 0812 8122880

Email : info@rumahbelajar-persada.com

Halaman selanjutnya tentang
Bimbingan Belajar