JELAJAH KE KAMPUNG NAGA

Tgl Aktivitas: Tempat: Peserta:

Meninggalkan hiruk pikuk perkotaan dan merasakan kenyamanan, ketenangan dan kesejukan di dalam jiwa. Itulah yang dilakukan oleh Homeschoolers Persada tingkat SMA pada Selasa dan Rabu tanggal 28 – 29 Agustus 2018 dalam kegiatan Jelajah tahun ajaran 2018/2019. Kegiatan Jelajah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh sekolah Homeschooling Persada yang berada di bawah naungan PKBM Tamansari Persada , Jatibening – Bekasi . Kegiatan  ini bertujuan  untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran di kelas melalui pendekatan visual. Berbagai manfaat diharapkan dapat diperoleh melalui penyelenggaraan Jelajah  ini antara lain : bertambah luasnya wawasan keilmuan para homeschoolers, pengenalan sekaligus menumbuhkan kedekatan dan kecintaan terhadap salah satu kebudayaan di Indonesia , serta terjalinnya kerjasama yang baik antar mereka.

Homeschooling Persada; Rumah Belajar Persada; Kampung Naga Perjalanan dimulai dengan keseruan homeschoolers saat berada dalam bus yang membawa mereka ke tempat tujuan. Tidak lupa Radio Homeschooling Persada selalu setia menemani aktivitas mereka selama berada di dalam bus. Aneka permainan dilakukan untuk menciptakan kebersamaan dan keseruan, mulai dari bermain “ABC 5 dasar” sampai bermain tebak-tebakan. Canda tawa para Homeschoolers Persada selama perjalanan ini,  mewakili  betapa mereka menikmati dan antusias dalam kegiatan ini.

Homeschooling Persada; Rumah Belajar Persada; Kampung Naga

Perjalanan menuju Kampung Naga selama 7 jam terbayarkan dengan keindahan dan keasrian alam disana. Bentangan padi yang menghijau dan riak aliran sungai mampu mengobati rasa lelah para homeschooler yang sudah menapaki lebih dari 400 anak tangga. Selain menyaksikan keindahan alam , para homeschoolers sangat menikmati keseruan bermain di sungai. Saling bahu membahu turun ke sungai sampai bermain basah-basahan benar-benar mengembalikan rasa naturalis mereka. Selain itu, mereka bisa merasakan  betapa indahnya menikmati alam yang selalu terjaga secara turun temurun.Homeschooling Persada; Rumah Belajar Persada; Kampung Naga

Berbaur dengan masyarakat Kampung Naga, merasakan suasana malam tanpa listrik, tidur di rumah berdindingkan bambu beratapkan ijuk,  tidak menjadi halangan bagi homescoolers. Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,  filosofi tersebut secara tidak langsung melekat pada diri homeschoolers dalam menaati adat istiadat yang berlaku di Kampung Naga. Berbagai pengetahuan yang dapat dipelajari oleh homeschoolers saat kegiatan jelajah kali ini, mulai dari memainkan alat musik karinding, menumbuk padi sampai mengenali tumbuhan-tumbuhan yang penuh manfaat bagi kehidupan kita.

Homeschooling Persada; Rumah Belajar Persada; Kampung Naga

Kegembiraan  adalah  modal yang diperlukan setiap orang untuk  menghadapi berbagai macam hal dalam kehidupan. Melalui kegiatan jelajah ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat homeschoolers untuk berangkat ke tempat belajar , menikmati kegiatan belajar,  mendidik diri, yang  dilakukan tidak terbatas hanya di dalam kelas, namun dapat juga dilakukan di lingkungan sosial dimanapun mereka berada.

Belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dengan tetap dalam pantauan guru dan orang tua,  merupakan filosifi yang dipercaya  oleh Homeschooling Persada untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap insan.

( reporter : Warneti )