Menjelajahi Kebudayaan Sunda di Kampung Budaya Sindang Barang

Tgl Aktivitas: Tempat: Peserta:

Suatu hal yang tak boleh terhenti dari hidup kita adalah “belajar”. Satu kata tersebut, yang akan membuat kita menjadi insan yang bermanfaat untuk diri dan orang lain. Belajar bukan hanya dapat dilakukan di sekolah. Namun, belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Kali ini , homeschoolers SD dan SMP belajar tentang kebudayaan sunda dengan menjelajahi Kampung Budaya Sindang Barang, yang berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan  Tamansari, Bogor Jawa Barat. Banyak pelajaran mengenai kehidupan yang dapat dipetik dari kegiatan jelajah kali ini.

Jelajah kali ini memberikan pengalaman baru dan mengesankan bagi homeschoolers. Sesampainya di lokasi Jelajah, saat menaiki anak tangga, kami disambut oleh ibu-ibu yang semangat memainkan angklung gubrak. Lelah perjalanan tak terasa, karena terbayar oleh penyambutan yang luar biasa.

 

 

Tempat pertama yang menjadi lokasi jelajah kami adalah rumah panggung yang kami sebut aula. Di tempat tersebut, kami mendengarkan pemaparan sejarah tentang Kampung Budaya Sindang Barang.

Kegiatan yang kami lakukan berikutnya adalah melihat atraksi permainan angklung yang dimainkan oleh Pak Ade. Kecepatan perpindahan tangan dari satu angklung ke angklung lainnya sangat mengesankan. Setelah atraksi selesai, kami berkesempatan untuk bermain angklung bersama yang dipandu oleh Pak Ade.

Homeschooling Persada | Rumah Belajar Persada

Setelah selesai bermain angklung interaktif, kami lanjutkan kegiatan lain seperti praktek menumbuk padi tutunggulan, menanam padi nitembiyan, demo ngabalay, belajar pencak silat, berbagai permainan tradisional.

Setiap kegiatan yang dilakukan memiliki cerita dan pembelajaran masing-masing. Seperti permainan tradisional bakiak. Meskipun terjatuh, namun menjadi pengalaman yang menyenangkan, kita harus harus satu langkah dan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Homeschooling Persada | Rumah Belajar Persada

Kegiatan seru lainnya adalah kegiatan menanam padi dengan diiringi oleh alunan suara angklung gubrak yang dimainkan oleh 4 orang ibu. Sensasi masuk dan berjalan di dalam lumpur menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Kejadian-kejadian yang terjadi saat menanam padipun menjadi momen yang seru…! Seperti terjatuh di dalam lumpur dan  terpeleset di pinggir sawah.

Homeschooling Persada | Rumah Belajar Persada Homeschooling Persada | Rumah Belajar Persada Homeschooling Persada | Rumah Belajar Persada

Seru khan kegiatan jelajah kali ini..?  Masih banyak keseruan lainnya yang akan dirasakan oleh homeschoolers. Homeschooling Persada / PKBM Tamansari Persada merupakan sekolah yang mengasyikan, dan telah terakreditasi A, untuk program paket A, B dan C ( setara tingkat SD, SMP dan SMA ). Berlokasi di Komplek Tamansari Persada Raya Blok XVII No.7, Jatibening Baru, Kecamatan. Pondok Gede,  Kota Bekasi, Jawa Barat. Menerima murid baru setiap saat. Untuk informasi selanjutnya , hubungi Sandra / Wulan di 021 865 0673 atau HP/WA : 0812 8122 2880.