Serunya Membuat Lokomotif Dari Kaleng Bekas

Tgl Aktivitas: Desember 2016/Januari 2017 Tempat: Kampus Rumah Belajar Persada, Jatibening Baru, Bekasi Peserta: Homeschooler SD - SMP

Pada bulan Desember 2016 lalu para homeschooler yang belajar bersama di Homeschooling Persada, Jatibening Baru (Bekasi), menuangkan kreatifitas mereka melalui pemanfaatan kaleng bekas. Mereka mengumpulkan kaleng-kaleng bekas minuman ringan. Terbukti tangan-tangan kreatif mereka mampu menyulap limbah alumunium itu menjadi sebuah lokomotif kereta api yang sangat unik.

Mereka bekerjasama satu sama lain, baik laki laki maupun perempuan. Saling membantu berbagi tugas. Ada yang memotong kaleng, ada yang membuat roda, ada yang merakit. Namun tentu saja para  homeschooler tidak berhenti hanya pada pemanfaatan kaleng bekas saja.

b3Pada Jum’at 20 Januari 2017 dalam kegiatan Kelas Karya, tangan – tangan trampil tersebut melanjutkan misinya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup Bumi dengan cara mengolah kardus-kardus bekas menjadi karya yang tidak kalah unik dan menarik.

Para homeschooler di bawah bimbingan Ketua PKBM ‘Tamansari Persada’, Wina Yunitasari, SPd.,  dan Tim Guru membuat cover undangan untuk Pagelaran Budaya mereka dari kardus bekas. Ketrampilan merobek, mengukur, memotong, dan menggambar digunakan oleh para homeschooler untuk menghasilkan karya terbaik.

Pembuatan cover undangan ini dimulai dengan mewajibkan para homeschooler untuk mengumpulkan kardus yang masih layak pakai. Selanjutnya kardus dipotong sesuai ukuran yang telah ditentukan. Para homeschooler menggunakan kemampuan motorik kasar yang dipadukan dengan kemampuan matematika mereka dalam aktifitas ini. Tahapan selanjutnya adalah menggambar. Sesuai tema pembelajaran di Homeschooling Persada tahun ajaran 2016/ 2017 ini, yaitu ‘Alat Transportasi Dulu dan Sekarang’. Maka para homeschooler pun menuangkan sebebas-bebasnya ide dan kreativitas mereka untuk menggambar aneka alat transportasi.

 

 

Kontributor :Warneti/Guru Homeschooling Persada