Verent Diva Tuzzahra

Verent Diva Tuzzahra yang akrab dipanggil dengan Verent adalah siswa baru yang duduk di bangku SMA kelas XII IPS Homeschooling Persada tahun ajaran 2016/2017. Meskipun Verent adalah siswa baru, ia sangat antusias untuk mengikuti kegiatan Jelajah Persada (JP) yang dilaksanakan pada tanggal 15-19 September 2016 lalu.

Kegiatan jelajah Yogyakarta dan Semarang adalah kegiatan jelajah pertama yang diikuti Verent. Dia menilai JP merupakan aktifitas yang sangat positif karena menurutnya, kegiatan tersebut memberikan pengalaman baru dan menarik bagi para pesertanya. Selain menambah wawasan dengan cara yang mengasyikkan, JP juga membuat hubungan antar teman jadi semakin akrab dan menumbuhkan rasa kekeluargaan. Verent pun merasa lebih termotivasi dalam belajar dan terinspirasi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide-ide baru. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan jelajah cukup bagus dan cukup menantang sehingga banyak pembelajaran baru yang dapat diperolehnya.

Saat mengikuti JP,  Verent memperoleh banyak pengetahuan baru yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya mulai dari sejarah berdirinya pabrik gula PT Madukismo sampai dengan kemampuan masyarakat setempat memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar untuk dijadikan gula yang dapat di ditribusikan ke luar pulau. Verent pun bisa melihat proses daur ulang limbah pembuatan gula diubah menjadi pupuk dan alkohol (spiritus).

Pada destinasi berikutnya di Museum Dirgantara Mandala, Verent juga memperkaya pengetahuannya tentang sejarah pesawat di Indonesia. Meskipun saat itu ia sempat merasa tidak enak badan, namun ia tetap bersemangat mengikuti pemandu berkeliling museum.

verent-1Ia juga mendapatkan pengalaman seru dalam perjalanan menuju Museum Merapi. Ini adalah kali pertama mendaki gunung Merapi dengan naik mobil jeep bersama teman-temannya. Ia cukup menikmati momen-momen melintasi jalanan terjal dan berliku. “Itulah tantangannya !” Ujar Verent.

Verent juga memaparkan saat melakukan pengamatan di Museum Ambarawa dan Lawang Sewu, ada banyak informasi baru yang membuatnya bisa lebih memahami sejarah perkereta apian di Indonesia.

Semangat belajar dan kedisiplinan Verent terlihat saat mengikuti kegiatan jelajah. Dia bahkan mendapatkan Jelajah Award untuk kategori Siswa Terdisiplin yang membuatnya merasa sangat senang dan bangga karena selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru, aktifitasnya pun diapresiasi.

Menurut Verent, kegiatan jelajah ini sangat berdampak positif baginya. Ia mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan menumbuhkan ide-ide baru yang bermanfaat; selain juga menumbuhkan semangat serta refreshing.

“Semoga kegiatan jelajah yang akan datang lokasi dan kegiatannya lebih menantang lagi,”Harap Verent,“Ingin juga merasakan menginap di rumah penduduk di pedesaan”.

 

Kontributor : Nuri Widdhi Harsanti, SPd. /Teacher at Homeschooling Persada