RAFFAEL MATTEO PUTRA ARTA

Raffael Mateo Putra Arta yang akrab dipanggil dengan Raffa adalah siswa Homeschooling Persada yang duduk di bangku kelas IV SD Tahun Ajaran 2016/2017. Raffa adalah salah satu siswa yang sangat menikmati bersekolah di Homeschooling Persada.  Hal tersebut disampaikan Raffa  dalam sebuah kesempatan wawancara pada hari Senin (20/2) di ruang kelas “Sampan” lantai 2 Kampus Rumah Belajar Persada, Jatibening Baru, Bekasi.

Menurut Raffa,ber sekolah di Homeschooling Persada terasa sangat menyenangkan karena dia bisa bertemu dengan sosok-sosok teman yang nyaman dan asyik diajak bermain, guru-guru yang bersahabat dan penuh senyuman, cara belajar yang menyenangkan dan bervariasi, serta mendapati lingkungan belajar yang sangat nyaman dan aman seperti di rumah sendiri.

Selain itu Raffa juga memaparkan bahwa setelah bersekolah di Homeschooling Persada ia mengaku tidak takut lagi untuk berbicara dan bersosialisasi dengan teman maupun guru, semakin percaya diri, berani tampil di depan kelas bahkan di depan orangtua siswa saat pertunjukkan seni dan karya serta berani untuk mengatakan apa yang ingin dilakukan.

Raffa 3/ Homeschooling Persada

Raffa juga sangat senang mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. Ia selalu mengikuti seluruh kegiatan sekolah dengan penuh semangat. Salah satu kegiatan yang paling diminati dan ditunggu-tunggu oleh Raffa adalah kegiatan Jelajah Persada.

Pada hari Kamis, 16 Februari 2017 adalah kali pertama ia mengikuti jelajah tanpa didampingi oleh keluarganya. Saat itu ia mengikuti kegiatan Jelajah ke Komando Lintas Laut Militer (Kolinamil) di Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Kegiatan tersebut memberikan pengalaman dan pengetahuan baru tentang kapal perang KRI Banjarmasin.

Meskipun panas dan melelahkan, Raffa mengatakan kegiatan jelajah di Kolinlamil penuh dengan tantangan. Di Kolinlamil, Raffa banyak mendapatkan pengetahuan tentang bagian-bagian Kapal Peran, persenjataan – persenjataan dan alat angkut yang terdapat dalam kapal perang. Ini adalah pengalaman pertama yang dinikmati Raffa bersama teman-teman lainnya.

Saat mengikuti Jelajah, Raffa terlihat lebih akrab dengan teman sekelasnya yaitu Adrian dan Dennis. Tak segan ia selalu mengingatkan teman-temannya untuk melengkapi hasil wawancara di buku Panduan Jelajah. Alhasil Adrian dan Dennis mampu melengkapi isian di buku tersebut. Keberanian dan sikap percaya diri Raffa juga meningkat secara signifikan, terbukti saat Raffa berani untuk bertanya dan melakukan wawancara kepada narasumber saat melakukan jelajah ke Kolinlamil.

Raffa berharap bisa mengikuti  kegiatan-kegiatan Jelajah Persada berikutnya ke temapat-tempat baru yang belum pernah dia kunjungi. Selain itu,” Semoga  saya bisa melanjutkan sekolah di Homeschooling Persada sampai jenjang SMA, karena bersekolah di sini sangat menyenangkan dan banyak hal baru yang bisa diperoleh.” Tutur Raffa.

Kontributor : Nuri Widdhi Harsanti, SPd./Guru di Homeschooling Persada

Editor           : Wahyuni Susilowati