Agus Basuki Yanuar & Revita Tantri Yanuar

Pendiri PKBM Tamansari Persada

Agus Basuki Yanuar & Revita Tantri YanuarYayasan ini pada awalnya terbentuk sebagai tindak lanjut dari pemikiran bersama sekelompok orang tua, terapis dan guru yang peduli pada pengembangan potensi anak yang melihat adanya kebutuhan masyarakat akan semacam sentra pendidikan non formal tempat anak-anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus, mempelajari berbagai materi edukasi lifeskills di daerah Jatibening – Bekasi.

Setiap Anak Mempunyai Hak yang Sama untuk Mengenyam Pendidikan

Kemudian gagasan tersebut diwujudkan dengan membentuk sebuah wadah yang dinamakan Rumah Belajar Persada (RBP) dengan aktifitas edukatif meliputi penyelenggaraan Kelas Melukis ( oil on canvas/ acrylic ), bimbingan belajar, dan program pengisi masa liburan sekolah. Selain itu RBP pun telah dipercaya selaku pengelola Homeschooling Kak Seto (HSKS) cabang Jatibening dan memfasilitasi pembentukan kelompok-kelompok belajar akademik lewat program paket-paket kesetaraan, yaitu Paket A ( setara SD), Paket B (SMP), serta Paket C (SMA).

Kami berencana kedepannya untuk menambah program-program yang berhubungan dengan peningkatan life-skills seperti pelatihan fotografi, memasak, menjahit, dan bermain musik. Selain itu penyelenggaraan berbagai seminar / workshop yang berhubungan dengan parenting dan motivasi juga akan lebih sering diadakan sesuai dengan permintaan masyarakat sekitar.

Pendiri Yayasan ini adalah pasangan suami-istri, Agus Basuki Yanuar dan Revita Tantri Yanuar, yang demi kelancaran tersedianya sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar di RBP selanjutnya menjalin kemitraan dengan PT Makarim Inti Makmur (PT MIM) dimana Revita Tantri Yanuar merupakan Direktur dari perusahaan tersebut. Langkah ini diambil sebagai sebuah upaya optimal untuk dapat merealisasikan Visi dan Misi Yayasan dengan sebaik mungkin secara kualitatif.

Segenap Civitas Yayasan RBP percaya bahwa setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Sementara ini RBP lebih memfokuskan diri ke sektor pendidikan non formal dengan filosofi “ belajar dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan bimbingan yang terpantau “.

Yayasan RBP dalam hal ini akan konsisten memposisikan diri sebagai salah satu wadah sekolah non formal sekaligus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mampu berperan aktif untuk mendukung para peserta didik agar dapat belajar dengan nyaman dan meraih cita-cita mereka dengan riang gembira.

Akhirul kata, harapan kami selaku founder adalah dapat mengembangkan eksistensi RBP sebagai sebuah wadah yang terus bertumbuh dalam memperluas kesempatan bagi peserta didik maupun warga masyarakat yang lebih luas agar bisa lebih banyak memperoleh manfaat dalam bidang pendidikan non formal sehingga bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, serta meningkatkan pengetahuan peserta didik dan warga masyarakat tentang life-skills di berbagai bidang sehingga bisa membuka peluang untuk lebih mandiri dan sejahtera.

 

Halaman selanjutnya tentang
Profil Manajemen