Nuri Widdhi Harsanti, S.Pd

Tugas utama yang dijalani adalah membantu Ketua Yayasan untuk membuat program tahunan di tiap pergantian tahun ajaran baru, antara lain; menyusun silabus per semester dan program tahunan guru-guru, serta menghitung struktur kurikulum jam efektif pembelajaran untuk 1 tahun ajaran.

Konsep pembelajaran tematik (Integrated Learning)

Di tiap bulannya, seorang Koordinator Kurikulum harus menginput nilai-nilai harian siswa/i jenjang SD, SMP, SMA dari guru bidang study dan wali kelas masing-masing. Dan, membuat format tertulis yang berisikan laporan program kegiatan setiap bulannya.

Rencana ke depan akan dibuat bank data yang bertujuan sebagai sarana penyimpanan data-data lesson plan dari rekan-rekan guru di PKBM Tamansari Persada. Melalui bank data semakin memudahkan sistem kerja dan membantu rekan-rekan guru untuk mengevaluasi lesson plan terdahulu jika diperlukan.

Pendekatan Tematik

Konsep pembelajaran yang digunakan pada Tahun Ajaran 2014-2015 di Homeschooling Kak Seto (HSKS) Jatibening ini adalah pembelajaran tematik (Integrated Learning), di mana sebuah pendekatan belajar modern yang lebih banyak menempatkan siswa sebagai subjek belajar (Student Centered). Peran guru lebih banyak sebagai fasilitator yaitu memberikan kemudahan-kemudahan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar.

Pendekatan tematik ini disesuaikan dengan materi pembelajaran dari siswa/i jenjang SD, SMP, SMA HSKS Jatibening dan tema yang disepakati tahun ini adalah tentang Kelautan. Sehingga selama tahun ajaran 2014-2015, proses kegiatan belajar mengajar berkaitan dengan tema yang diusung, hanya saja aplikasinya disesuaikan dengan materi pembelajaran di tiap-tiap kelas.

Pemilihan tema di tiap pergantian tahun ajaran sudah menjadi ajang rutinitas khusus di tiap rapat kerja tim guru sebelum masuk ke Tahun Ajaran baru. Setelah tema disepakati, kemudian konsep mind maping digunakan sebagai pengayaan isi materi yang akan diberikan kepada siswa/i. Melalui mind maping ini nantinya setiap wali kelas akan memberikan gambaran materi pembelajaran yang akan dijalani selama proses tahun ajaran. Modul yang ada hanya dipakai sebagai pelengkap materi sedangkan kegiatan belajar mengajar menggunakan buku-buku referensi lain yang dinilai dapat mewakili tema pembelajaran, sehingga materi tersampaikan dengan baik kepada siswa/i.

Sosialisasi Tema

Konsep tematik akan diperkenalkan kepada peserta didik di HSKS Jatibening saat acara Masa Orientasi Sekolah (MOS) berlangsung. Pematangan materi akan diasah kembali oleh wali kelas masing-masing, mulai dari penjelasan tentang tema, metode yang akan dikerjakan, dan project yang akan dijalani tiap kelas selama 1 (satu) tahun ajaran berlangsung.

PKBM Tamansari Persada memiliki satu portal web yang dapat diakses oleh peserta didik HSKS Jatibening di mana fungsinya memudahkan dan membantu para peserta didik untuk mengunduh materi-materi pembelajaran di sekolah, atau pun kisi-kisi serta batasan materi belajar yang harus diketahui saat menjelang UTS dan UAS.

“Kurikulum yang diterapkan di HSKS Jatibening sudah didesain sedemikian rupa dan penyusunannya di bawah bimbingan dari ibu Wina, selaku Ketua Yayasan Pendidikan Rumah Belajar Tamansari Persada. Sehingga aplikasinya lebih dipermudah, disederhanakan, namun tetap ada acuannya. Hasilnya diharapkan siswa menjadi lebih mudah memahami dan fokus belajar,” terang perempuan kelahiran Batu Sangkar, 31 Januari 1990 ini.