Memupuk Karakter Unggulan Anak Via ‘Outing Award’

Narasumber:

Ada sebuah tradisi menarik yang dikembangkan dalam setiap momen kegiatan eksplorasi luar kampus (outing)  yang diselenggarakan oleh para pendidik Homeschooler Kak Seto (HSKS) Jatibening yang dibina di bawah naungan Yayasan Pendidikan Rumah Belajar Tamansari Persada (RBTP). Tradisi yang dinamai Outing Award dan sudah dimulai sejak tahun 2011 tersebut berupa pemberian penghargaan bagi para homeschoolers yang dinilai oleh para kakak guru memenuhi kualifikasi karakter-karakter tertentu.  Penilaian diberikan berdasarkan performa para homeschooler selama kegiatan outing berlangsung.

Outing award-1

“Penetapan karakter untuk Outing Award didasarkan pada serangkaian sikap terpenting  yang merupakan modal utama untuk bisa memenangkan kehidupan sebagaimana panduan dalam Al-Qur’an dan Hadits.”Papar Ketua RBTP, Wina Yunitasari, SPd.,” Ada 19 karakter yang merupakan elemen pembentuk unggulan yang dikenal dengan Pribadi Muslim Prima.”

Pribadi Muslim Prima meliputi tiga aspek kompetensi yang saling berkaitan satu sama lainnya, yakni Kompetensi Pemikiran (meliputi karakter berakal budi, keingintahuan tinggi, pemberi solusi, berwawasan luas), Kompetensi Personal (punya integritas, punya inisiatif, fleksibel, tekun, teratur, sabar, bertanggungjawab, berusaha, berani, kebanggaan, tangguh), dan Kompetensi Sosial (penyayang, bersahabat, bekerja sama, punya rasa humor).

Outing award-2

Namun dengan berbagai pertimbangan pedagogis, Wina yang juga penggagas Outing Award di HSKS Jatibening memutuskan untuk mengambil 10 dari 19 karakter unggulan itu,”Secara psikologis, para homeschooler jenjang SD-SMA  sebaiknya disiapkan untuk menumbuhkan 10 sifat dasar dulu dan setelah terbiasa dengan 10 sifat tersebut, maka sifat-sifat lainnya akan berkembang dengan sendirinya,” Tutur Wina.

Kesepuluh karakter dasar yang digunakan dalam ajang Outing Award di HSKS Jatibening adalah terdisiplin, teramah, penyayang, terinisiatif,terkooperatif, tersantun, terfavorit, terhumoris, termodis, dan terkreatif. Semula sepuluh award disediakan dalam setiap outing, namun dua tahun terakhir ini karena pertimbangan efektifitas, diterapkan sistem shift menjadi 5 award per kegiatan dengan tetap berpatokan pada 10 sifat utama hanya saja dipergilirkan penilaiannya dalam dua kali outing.

Para homeschooler terlihat sangat antusias dalam merespon penganugerahan Outing Award ini dan para kakak guru sangat berharap bahwa setiap award yang diperoleh akan menggoreskan kesan yang mendalam pada setiap penerimanya hingga terbawa sampai ke masa mendatang  yang tercermin dalam akhlak mereka sehari-hari dan kelak akan menghantar mereka menjadi manusia-manusia sukses yang berbahagia.

Outing award-3

Tautan Link: http://edukasi.kompasiana.com/2015/03/21/memupuk-karakter-unggulan-anak-via-outing-award-708075.html